Jumat, 11 September 2009

Tips Aman Mudik Lebaran 2009



Hari Raya Idul Fitri masih 10 hari lagi, namun tidak ada salahnya dari sekarang kita mulai menyiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan tradisi Mudik Lebaran. Dari segi kendaraan, bekal, dan lainnya. Berikut tips-tips yang mungkin berguna buat Bluefamer yang akan atau mungkin sedang dalam perjalanan mudik.....

1. Mesin

Tune-up lah mesin sebelum Anda menempuh perjalanan.

2. Aki

Bersihkan terminal-terminal aki, cek kekencangan baut- bautnya, dan periksa juga air aki.

- Untuk membersihkan terminal dari kerak karbon bisa dilakukan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminal aki.

- Kencangkan baut-baut di terminal bila kendor.

- Untuk memeriksa air aki bisa dengan melihat permukaan air aki. Sebaiknya berada di posisi antara LOW dan UPPER level.

Note: Jangan salah mengisi air aki dengan bahan yang lain.

3 Oli

Kuantitas oli harus sesuai dan kualitasnya pun harus masih bagus. Oli yang harus diperiksa adalah: oli mesin, gardan, persneling. Sebaiknya stick oli menunjukkan permukaan oli di posisi F. Perhatikan grade dan viskositas yang sesuai dengan anjuran produsen mobil Anda.

4 Kopling

Kopling harus bekerja dengan baik. Periksalah ketebalan plat

kopling. Caranya:

- Masukkan persneling ke posisi gigi dua atau tiga.

- Lalu, injak pedal kopling dan hidupkan mesin.

- Lepas pedal kopling perlahan-lahan. (Pada saat bersamaan, injak pedal gas dan pedal rem. Pastikan mesin mati saat pedal gas dan rem diinjak. Apabila mesin tetap hidup, berarti terjadi slip di plat kopling. Plat seperti ini harus diganti.)

Cek juga kebocoran minyak kopling. Ini bisa dilakukan dengan melihat secara langsung. Lihat ada tidaknya rembesan minyak kopling pada master dan release silinder kopling. Periksa kuantitas dan kualitasnya. (Sama dengan pengecekan oli.)

5. Periksa rem dari kemungkinan bocor, kanvas tipis, serta keausan piringan dan tromol rem. Jangan lupa cek minyak rem dan setel rem.
- Untuk memeriksa semua itu, seluruh roda harus dibongkar. Kebocoran diketahui bila ada rembesan di silinder roda pada masing-masing roda. Sedangkan tebal-tipisnya kanvas bisa dilihat secara langsung. Sebaiknya kanvas minimal lebih besar dari 3 mm.

- Kondisi minyak rem harus bersih (bening, tidak keruh). Lihatlah jumlah minyak rem pada tangki cadangan yang ada di master silinder.

- Untuk menyetel rem, lakukan penyetelan pada adjuster yang berada di masing-masing roda (pada model tromol). Penyetelan diperlukan untuk mengatur celah antara tromol dan kanvas rem. Celah idealnya sebesar 0,6 mm.

6 Ban

Tekanan ban harus pas dan kembangnya jangan sampai gundul. Gunakan alat ukur tekanan ban. Untuk kenyamanan lakukan spooring dan balancing.

7. Kemudi

Tierod, balljoint, dan arm-arm kemudi harus presisi. (Kemudi dinyatakan tidak presisi bila ada selisih gerak antara putaran kemudi dengan berbeloknya ban.) Kalau terjadi selisih, komponen di atas harus diganti.

8. Listrik Bohlam bisa menyala dan klakson berbunyi normal.

9. Spion

Spion lengkap (kiri, kanan, inner mirror) dan kokoh pada tempatnya.

10. Wiper

Wiper harus bisa membersihkan kaca. Periksa juga kuantitas air washer.

11 Emergency

Siapkan komponen cadangan yang berisiko tinggi bermasalah diperjalanan: ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, dan oli. Jangan lupa lengkapi mobil dengan toolset standar. Lengkapi pula mobil dengan peta, buku manual, info tips mengatasi kondisi darurat, nomor-nomor telepon penting.

0 komentar:

Berapa page rank Anda?

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Telah Dikunjungi

Template by : jregger x-template.blogspot.com